Oleh: desawisatacikundul | 30 April, 2010

OBYEK WISATA AIR PANAS CIKUNDUL DILENGKAPI FASILITAS OLAHRAGA ARUNG JERAM

Obyek wisata pemandian air panas Cikundul Kota Sukabumi, mulai awal tahun 2009, dilengkapi fasilitas olahraga arung jeram, memanfaatkan sungai Cimandiri di lokasi tersebut.

Dibukanya fasilitas olahraga tersebut, sebagai salah satu upaya, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke obyek wisata milik Pemerintah Kota Sukabumi tersebut.

Kepala Kantor Pariwisata dan Olahraga Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M., usai acara Pembukaan Festival Pop Singer Tingkat Anak-anak dan Remaja 2008, hari Selasa, 30 Desember 2008, di Gedung Juang 45 menjelaskan, fasilitas olahraga tersebut dibuka pada awal tahun 2009.

Adapun faktor yang memotivasi pihak Kantor Pariwisata dan Olahraga Kota Sukabumi, untuk membuka fasilitas olahraga tersebut, karena arus sungai Cimandiri di lokasi obyek wisata tersebut, tidak jauh berbeda dengan objek wisata olahraga di daerah lainnya, yakni karakter arusnya memiliki tantangan yang cukup tinggi.

Sedangkan ruas sungai yang akan dimanfaatkan olahraga tersebut, sepanjang 4 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1,2 jam, yakni start dari objek wisata air panas Cikundul, dan finish di wilayah Kibitay.

Untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan program tersebut, pihak Kantor Pariwisata dan Olahraga masih memiliki kendala, khususnya dalam menyediakan sarana Perahu Karet. Dijelaskannya, Perahu Karet yang telah tersedia saat ini baru 4 unit. Itupun hasil menyewa dari pihak lain. Dijelaskan pula, untuk memiliki satu unit Perahu Karet, pihak Kantor Pariwisata dan Olahraga, harus memiliki dana sebesar 21 juta rupiah. Diharapkannya, pada tahun 2009, pihak Kantor Pariwisata dan Olahraga, bisa memiliki Perahu-Perahu Karet tersebut.

Selain itu, pihak Kantor Pariwisata dan Olahraga, juga akan melakukan pengembangan dan perluasan obyek wisata air panas Cikundul, dengan menambah fasilitas, seperti water boom, hotel berbintang, dan arena outbond. Guna mewujudkan rencana tersebut, pihak Kantor Pariwisata dan Olahraga, membutuhkan dana yang cukup besar, yakni sekitar 5,9 milyar. Sedangkan untuk memperluas obyek wisata tersebut, pihak Kantor Pariwisata dan Olahraga telah membeli lahan seluas 4,3 hektar, melalui Bagian Pengelolaan Aset Daerah Kota Sukabumi, bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat.

suber: http://www.sukabumikota.go.id


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: