Oleh: desawisatacikundul | 17 Agustus, 2010

Ingrid Minta Pemkot Sukabumi Percepat Pembangunan Desa Wisata

Ingrid Kansil (Istimewa/ANTARA)Jakarta (ANTARA News) – Anggota Komisi VIII DPR RI, Ingrid Kansil meminta Pemerintah Kota Sukabumi Jawa Barat untuk mempercepat pembanguan desa wisata di Kelurahan Cikondang, Kecamatan Citamiang, guna memberdayakan warganya agar menjadi lebih sejahtera.

“Saya merasa bangga dengan terpilihnya Kelurahan Cikondang ini sebagai Desa Wisata,” ujar Ingrid seusai mengunjungi Kelurahan Cikonda, Kota Sukabumi, kemarin.

Dalam keterangan tertulisnya, Rabu, Ingrid mengatakan, dirinya mendapat informasi desa wisata dari Komisi X DPR RI yang diantaranya membidangi pariwisata, kesenian dan kebudayaan beberapa waktu lalu. Karena Sukabumi sebagai daerah pemilihan dirinya menjadi wakil rakyat makanya langsung memberikan apresiasi.

Namun yang perlu diperhatikan adalah percepatan pembangunan desa tersebut karena warga antusias menerimannya, jika terlalu lama terealisasi takut semakin terbengkalai potensi desa yang telah ada.

“Dengan adanya desa wisata tentunya warga desa akan terbantu menjalankan roda perekonomiannya, sekaligus bentuk desa wisata akan disesuaikan dengan permintaan dan potensi dari desa terkait,” katanya.

Ia menjelaskan, program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) di Kota Sukabumi diwujudkan dalam program desa wisata melalui PNPM pariwisata. Salah satu penerima program tersebut adalah Desa Cikondang, Kecamatan Citamieng,

Ingrid Kansil saat melakukan reses ke Kota Sukabumi dimana warga Kelurahan Cikondang Yayah Rohayati (30) menyatakan dirinya yang merupakan Fasilitator PNPM Desa Wisata di kelurahan tersebut mengemukakan apa yang selama ini menjadi keluhan warga disana.

“Kami punya potensi perekonomian dan pariwisata yang kondisinya kini masih terbengkalai. Yaitu eks terminal Cikondang dan tempat wisata air panas Santa. Meski kami telah mendengar adanya rencana dari pihak Pemerintah Kota Sukabumi menjadikan eks terminal itu sebagai taman kota, tapi hingga saat ini belum ada perubahan,” katanya di hadapan Ingrid Kansil, Camat Cikondang Adang Taufik, Lurah Cikondang Deni Ahmad dan warga yang ikut dalam pertemuan di Kantor Kelurahan Cikondang, kemarin.

Pada tahun 2010 ini Kemenbudpar telah menetapkan sebanyak 200 desa di seluruh Indonesia sebagai Desa Wisata. Sebelumnya pada tahun 2009 ditetapkan sebanyak 104 desa dan pada tahun 2011 ditargetkan Desa Wisata itu mencapai 450 desa.(*)
(ANT/R009)
COPYRIGHT © 2010

Ikuti berita terkini di handphone anda http://m.antaranews.com
Simpan dan akses berita ini dari HP anda dengan kode QR dibawah ini.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: